Mamuju  

Wisuda Siswa SMP Integral Al Furqan Hidayatullah Mamuju

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Mamuju. Setelah mengikuti program belajar selama tiga tahun, kini 22 siswa/siswi kelas IX SMP Integral Al Furqan Hidayatullah Mamuju diwisuda pada Sabtu, 27 Mei 2023 di hotel Malaqbi Mamuju.

Event dengan tema Menjadi Generasi Qur’ani untuk Terus Meraih Prestasi tersebut dihadiri sekira 100 para wali murid, dewan guru dan undangan.

Suaib, S.Pd. kepala sekolah SMP Integral Al Furqan mengatakan kepada seluruh wisudawan, “Tamatnya kalian dari sekolah ini bukan berarti berhenti untuk menuntut ilmu dan berkarya, justru harus lebih semangat lagi dan bisa menjaga nama baik sekolah”.

Di hadapan pengawas SMP dari Dinas Pendidikan kabupaten Mamuju, seluruh dewan guru dan wali murid, ketua YPCM berpesan agar akhlak mulia menjadi tujuan pendidikan. Sebagaimana tagline Pendidikan Integral Berbasis Tauhid (PIBT) yakni exellent with integral character.

Dalam prosesnya, seluruh siswa dididik melalui model boarding agar pembelajaran dengan efektif dapat dipraktekkan pada miniatur masyarakat di asrama. Tentunya dengan pendampingan serius dari para murabbi atau pembinanya.

Hal itu juga ditekankan oleh Drs. H. Mardhatillah, ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat yang juga anggota badan pembina YPCM, menurutnya, pendidikan berbasis karakter adalah model pendidikan yang diterapkan sejak lama oleh Hidayatullah.

Memroses peserta didik agar cerdas tapi juga berakhlak mulia, pekerja keras tapi memiliki kualitas ibadah baik. Sebagaimana tidak diinginkan output yang memiliki kualitas ibadah yang bagus namun tidak soleh dalam urusan sosial. Lebih jauh disimpulkan, “Mereka harus kreatif, komunikatif dan kolaboratif”.

SMP Integral Al Furqan yang mendapat akreditasi B itu, menurut H. Syamsuddin, S.Pd. pengawas SMP, merupakan solusi pendidikan di saat masyarakat mencari pendidikan dengan model dasar karakter dan keilmuan. Hal itu didasaripengamatannya kepada Hidayatullah yang telah berhasil melahirkan banyak alumni yang berdedikasi tinggi.

Lazimnya seremonial penamatan sekolah, acara Haflah Akhirusaanah dan Tasyakuran itu diselingi beberapa unjuk kebolehannya siswa dan siswi, di antaranya nasyid dan lagu perpisahan, sesi ini mengundang isak tangis haru dan menyesakkan dada.

Suasana hadirin makin riuh ketika menyaksikan performa Muhammad Aras peraih medali emas pada Porprov IV Sulawesi Barat kelas 50 kg asal Dojo SMA Integral Al Furqan Hidayatullah Mamuju dan kawan kawan menampilkan Shorinji Kempo. Di bawah asuhan senpai Arif mereka mendemokan Ken atau jurus 1 sampai 3 dan Embu berpasangan. (bash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Mau Konsultasi?