Ujian Terbuka Tahfidz Qur’an SMP – SMA Integral Hidayatullah Mamuju

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Mamuju – Padatnya kegiatan sekolah dalam awal tahun ini tidak menyurutkan pengurus lembaga pendidikan dan pengelola sekolah untuk mengadakan ujian terbuka tahfidz di sekolahnya pada Sabtu tanggal 11 Mei 2023.

Suaib,S.Pd selaku kepala sekolah SMP – SMA Integral merasa bersyukur karena timnya mampu mengadakan ujian tersebut.

“Ujian terbuka tahfidz Al- Quran ini adalah hasil kerja keras kepala pengasuh dan dewan guru sehingga ujian terbuka dapat dilaksanakan” Katanya dan menyebut kegiatan Jambore Wilayah III yang baru saja dilaksanakan tidak menggangu konsentrasi semua pihak.

Menurutnya ujian terbuka hafalan santrinya yang memenuhi target hafalan, ia katakan “Jadikan motifasi bahwa kalau teman kita bisa mencapai target hafalan, kenapa kita tidak bisa, padahal kita sama sama tinggal di asrama, sama sama makan nasi”.

Seraya menekankan agar niat dan semangat dalam menghafal al-Qur’an selalu dijaga dalam proses belajar di SMP-SMA Integral Hidayatullah Mamuju yang beralamat di jalan Abdul Syakur nomor 2 kelurahan Karema, Mamuju tersebut.

Apresiasi Firman Haq, S. Pd. I ketua Lembaga Pendidikan Integral Hidayatulah (LPIH) kepada unit kegiatan YPCM, pengasuh dan dewan guru yang telah mengadakan ujian itu.

“Beruntunglah santri yang menghafal al – Qur’an karena dijaga oleh Allah subhanau wata’ala dan diangkat derajatnya baik di dunia terlebih di akhirat kelak” tuturnya.

Di dalam acara yang menggunakan aula YPCM tersebut mengundang anggota badan pembina YPCM yang juga ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat, Drs. H. Mardhatillah.

Dalam sambutannya menegaskan tentang al-Qur’an bagi pembaca dan yang mengamalkan dapat mengantarnya menjadi manusia mullia. “Untuk mengantar kemuliaan, kita tentu dengan al-Qur’an” katanya. Seraya menyitir motivasi bahwa orang berilmu dan beriman akan diangkat derajatnya oleh Allah.
Diharapkan seluruh siswa agar bermujahadah atau bersungguh sungguh menghafal al-Qur’an karena terbukti secara empiris orang yang menghafal al-Qur’an selalu cerdas dan karena mengamalkan ajaran ajaran yang terbingkai dalam petunjuk al-Qur’an dipastikan hidupnya mulia.

Ketua DPW senior yang telah memimpin di 3 provinsi selama 15 tahun sebelum di Sulbar itu memberikan amaran agar dalam meghafal al-Qur’an dapat memperbaiki niat, meng-ilmui al-Qur’an dan mengamalkan.

Lebih jauh, penghafal agar dapat mendakwahkan dan memperjuangkan nilai nilai yang terkandung di dalamya, karena kelak, betapa besar syafaat Al-Qur’an kepada pembacanya.

Terdapat tiga penguji pada ektra kurikuler sekolah tersebut, Najamuddin, M.Pd. Asrullah, SHI dan Mustafa, S.Pd.I secara langsung menguji dan menilai tujuh peserta dengan materi uji juz 1 sampai juz 7. (bash)

Laporan Kepala Sekolah SMP-SMA Integral Hidayatullah Mamuju
Suaib, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×