Hikmah  

Sahurlah Karena Ada Berkah

Oleh : Ustadz Najamuddin, M.Pd, Ketua YPCM Pesantren Hidayatullah Mamuju

HidayatullahSulbar.Com – Hari ini kita masuk di 1 Ramadhan 1444 H, berdasarkan sidang Isbat semalam yang dilakukan oleh pemerintah.

Salah satu keutamaan di dalam puasa adalah Sahur, Sahur dalam wikipedia adalah Sahur (bahasa Arab: سحور ), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadan.

Sahur adalah makanan yang dimakan atau diminum seseorang di akhir malam. Dinamakan sahur karena dimakan waktu sahur yaitu akhir malam. (Lisanul Arab, 4/351).

Tapi apakah kemudian Sahur itu kita akan batasi pada pemaknaan makanan saja di waktu akhir malam, sehingga yang dikerjakan adalah hanya makan semata, tentu semua kita tidak sependapat, karena ada banyak keutamaan yang dilakukan diwaktu sahur tersebut.

Telah ada banyak hadits terkait keutamaan sahur. Seperti sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

“Sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu ada keberkahan.” HR. Bukhori, 1923 dan Muslim, 1095.

Bukan hanya makan sahur yang ada keberkahannya akan tetapi memang waktunya yang kemudian pas untuk mendulang begitu banyak keberkahan di waktu sahur tersebut.

إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah azza wajalla dan para Malaikat mendoakan kepada orang yang sahur.” HR. Ahmad, 11086 dinyatakan shoheh peneliti Musnad dan dinyatakan hasan oleh Albani di Shohehah, 1654.

Malaikat akan turun diwaktu sahur untuk kemudian mendoakan orang-orang yang bangun di waktu sahur, maka bersyukurlah seorang hamba jika bangun di waktu sahur dan sedang melakukan kebaikan yang di doakan oleh para malaikat.

Bahkan salah satu tanda orang yang bertaqwa disebut dalam surah Adz- Dzariyat adalah orang yang sedikit tidurnya dimalam hari dan mereka memohon Ampunan kepada Allah di waktu sahur (akhir malam).

{ كَانُواْ قَلِيلٗا مِّنَ ٱلَّيۡلِ مَا يَهۡجَعُونَ }

“Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam” [Surat Adz-Dzariyat: 17]

{ وَبِٱلۡأَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُونَ }

“Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)”,[Surat Adz-Dzariyat: 18]

Mari memanfaatkan waktu Sahur (akhir malam) untuk mendapatkan keberkahan dari Allah, apatah lagi kita berada di Bulan Suci Ramadhan yang erat sekali kaitannya dengan ketaqwaan, sahur merupakan sunnah dalam puasa, dan waktunya mengakhirkannya sekira-kira 50 ayat sebelum subuh.

Bagi ibu-ibu jangan terfokus bangun di waktu sahur hanya untuk menyiapkan makanan sahur semata, akan tetapi hiasi waktu sahur dengan Sholat Malam, Dzikir dan Istigfar (Memohan Ampun Kepada Allah) sehingga keutamaan sahur tidak terlewat begitu semata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×