Mateng  

Merespon Tingginya Minat Masyarakat Berwakaf

Tercatat dalam tiga tahun terakhir Pengurus Hidayatullah Sulbar menerima 6 tawaran wakaf lahan

Berfoto bersama dengan pewakaf yang juga kepala dusun Camba Tengah (bersongkok putih) dengan latar lokasi yang diwakafkan.

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Pangale – Pengurus Hidayatullah se Sulawesi Barat kini dihadapkan dengan tinginnya minat masyarakat dalam mewakafkan lokasi baik kebun atau tanah kosongnya untuk dibanguni pondok pesantren atau masjid.

Tercatat dalam tiga tahun terakhir pengurus Hidayatullah Sulbar menerima 6 tawaran wakaf lahan di beberapa kabupaten, di Majene terdapat dua titik, di desa Kayu Angin dan desa Ulumanda, di Mamuju Tengah persisnya di dusun Camba Tengah sedangkan di kabupaten Pasangkayu di Tikke Raya, Baras dan Lariang.

Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat, Drs. H. Mardhatillah menjelaskan selagi pihak pewakaf tidak memberikan syarat khusus, misalkan keinginannya segera dibanguni pondok dan segera ada kegiatan di dalamnya maka pihaknya dapat menerima.

“Kalau pewakaf tidak meminta segera dibanguni, terima saja (wakafnya)” tegasnya. Bahkan jika perlu, menurutnya lagi, agar lahan kosong tersebut difungsikan sebagai usaha produktif, ditanami kelapa sawit atau usaha lainnya sembari menunggu progres pembangunan pondok pesantren.

Ungkapan itu disampaikan dalam diskusi dengan pewakaf lahan kosong seluas 1 hektar di dusun Camba Tengah desa Polo Camba kecamatan Pangale kabupaten Mamuju Tengah.

Pewakaf yang juga kepala dusun sepakat dengan pernyataan itu, bahkan ia dan warganya menginginkan ada pembinaan di dusunnya. “Sambil memroses pembangunan pondok kita prioritaskan pembinaan di masjid saja” kata Husain.

Ia dan tokoh masyarakat dusun Camba Tengah menginginkan ada pembinaan agama mengingat, menurut mereka, kesibukan bertani dan lainnya kalau tidak diimbangi dengan belajar Islam dengan baik justeru akan membuat jauh dari ajaran Islam.

Silaturahmi dengan pewakaf pada Rabu tanggal 10 Juli 2024 itu juga dihadiri pengurus DPD Hidayatullah Mamuju Tengah dan mengkoordinasikan langkah awal dalam mersepon itikad baik pewakaf dan warga dusun Camba Tengah tersebut.

Direncanakan, pengurus Hidayatullah Mamuju Tengah akan merutinkan khutbah Jumat dan pengajian bulanan sembari memulai rintisan pesantren di lokasi yang berada di jalan poros profinsi itu. (bash)

×