Hikmah  

Menghadapi Era Digital: Peran Vital Organisasi Islam dalam Dakwah Kontemporer

Pemanfaatan Media Sosial untuk Dakwah: Peluang dan Tantangan bagi Organisasi Islam

HidayatullahSulbar.Com, Mamuju – Di era digital ini, dakwah Islam menghadapi tantangan yang berbeda dan lebih kompleks dibandingkan dengan masa lalu. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dan menyebarkan pesan-pesan kebaikan. Dalam konteks ini, organisasi-organisasi Islam memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi tantangan dakwah di era digital.

1. Pemanfaatan Media Sosial dalam Dakwah

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan YouTube telah menjadi platform utama dalam penyebaran informasi. Organisasi Islam harus mampu memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan ajaran Islam dengan cara yang menarik dan mudah diakses oleh semua kalangan. Rasulullah SAW bersabda:

بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat” (HR. Bukhari).

Hadis ini menegaskan pentingnya menyampaikan pesan Islam, meskipun hanya sedikit. Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk tujuan ini, karena mampu menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat.

2. Membangun Situs Web dan Aplikasi Islami

Selain media sosial, organisasi Islam juga dapat mengembangkan situs web dan aplikasi Islami yang menyediakan konten-konten bermanfaat seperti artikel, video, dan forum diskusi. Ini dapat menjadi sarana dakwah yang sangat efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Al-Quran menyebutkan:

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung” (QS. Ali Imran: 104).

Ayat ini menegaskan pentingnya menyeru kepada kebaikan, yang dapat dilakukan melalui teknologi digital.

3. Pendidikan dan Pelatihan Dakwah Digital

Organisasi Islam juga perlu menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi para pendakwah agar mereka dapat menggunakan teknologi digital secara efektif. Pelatihan ini mencakup penggunaan media sosial, pembuatan konten digital, dan strategi komunikasi yang efektif. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga” (HR. Muslim).

Pelatihan dakwah digital adalah bagian dari upaya menuntut ilmu yang akan mempermudah jalan dakwah.

4. Mengatasi Disinformasi dan Hoaks

Di era digital, disinformasi dan hoaks tentang Islam mudah tersebar. Organisasi Islam harus aktif dalam menangkal informasi yang salah dan memberikan klarifikasi yang benar berdasarkan ajaran Islam. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu” (QS. Al-Hujurat: 6).

Ayat ini mengajarkan pentingnya verifikasi informasi sebelum menyebarkannya.

5. Membangun Kolaborasi Antar Organisasi

Kolaborasi antar organisasi Islam sangat penting untuk memperkuat dakwah di era digital. Dengan bekerja sama, mereka dapat berbagi sumber daya, pengetahuan, dan pengalaman untuk mencapai tujuan dakwah yang lebih besar. Allah berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran” (QS. Al-Maidah: 2).

Kolaborasi dalam kebajikan dan takwa sangat relevan dalam konteks dakwah digital.

6. Menjaga Etika dalam Berdakwah

Organisasi Islam harus memastikan bahwa dakwah digital dilakukan dengan cara yang etis dan sesuai dengan ajaran Islam. Menghormati perbedaan pendapat, tidak memaksakan pandangan, dan menghindari ujaran kebencian adalah beberapa prinsip yang harus dipegang. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam” (HR. Bukhari dan Muslim).

Prinsip ini sangat penting dalam menjaga etika dakwah di media digital.

Mau Berdonasi?

×