Dua Organisasi Pendukung Dikenalkan Kepada Kader Muda Hidayatullah

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Mamuju – Pemuda Hidayatullah, organisasi pendukung (orpen) ormas Hidayatullah yang awalnya bernama Syabab Hidayatullah dikenalkan pada Daurah Marhalah Ula (DMU) SMA Nasional 2024 di Mamuju tanggal 29 Mei 2024.

Pekenalan orpen tersebut disampaikan langsung oleh ketua pengurus wilayah Rifal Amalia, S.Pd. kepada peserta DMU yang masih duduk di kelas 11 itu diharap dapat disiapkan menjadi kader muda bangsa dalam bingkai Islam yang berdedikasi serta memililiki loyalitas tinggi.

Mengenalkan kepada mereka orpen yang didirikan pada pada hari Kamis, tanggal 11 Rabiul Akhir 1421/ 13 Juli 2000 di Balikpapan, Kalimantan Timur itu, dengan tujuan kader muda Hidayatullah dapat berJiwa besar untuk mengambil peran dalam membangun Indonesia.

Semangat tersebut bersenyawa dengan jatidiri kader Hidayatullah sebagaimana materi materi DMU yang diberikan selama jalannya daurah.

Sebagaimana diketahui, Pemuda Hidayatullah sebagai organisasi otonom dari induknya bernama Hidayatullah, telah menempatkan kader–kadernya di seluruh Nusantara, mulai dari Sabang hingga ke Merauke sejumlah 400 an pengurus daerah.

Rifal menyebutkan, “(kita) Pemuda Hidayatullah terus mengasah spiritualnya dengan baik, berkinerja tinggi dan diiringi tradisi intelek, progresif dan beradab”.

MUSLIMAT HIDAYATULLAH

Muslimat Hidayatullah (Mushida) sebagai organisasi pendukung juga diberikan sesi ta’rif kepada peserta putri. Visi Mushida adalah “Membangun keluarga Qur’ani sebagai tonggak utama terwujudnya masyarakat bertauhid”.

Peserta putri DMU SMA 2024 dikenalkan orpen Muslimat Hidayatullah (Mushida) oleh ketua PW Mushida Sulawesi Barat, Salbiana, S. Pd didampingi pengurs wilayah lainnya

Dideklarasikan pada tahun 2000 bertepatan dengan Musyawarah Nasional (Munas) Hidayatullah pertama di Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur dan sudah menjangkau seluruh provinsi dan memiliki Pengurus Wilayah (PW) serta ratusan Pengurus Daerah (PD) di seluruh Indonesia.

Kepada peserta putri dikenalkan Annisa, Korps Da’iyah Mushida (KDM) sebagai salah satu divisi dari Mushida yang bertugas mempersipakan da’iyah.

Mushida juga memiliki amanah untuk mengembangkan lembaga pendidikan Hidayatullah pada tingkatan Taman Kanak-Kanak, Taman bermain, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

Sebagai orpen, Mushida juga diupayakan dapat melakukan peningkatan kualitas kehidupan pribadi dan keluarga melalui program unggulan parentingnya.

Takruf disampaikan oleh ketua pengurus wilayah, Salbiana, S.Pd. didampingi pengurus wilayah lainnya.
Selain ditujukan untuk meningkatkan kemampuan ibu dalam membina keluarga, juga meningkatkan kekompakan antara ibu dan ayah sebagai penanggung jawab utama dan pemimpin keluarga, dalam mengantarkan keluarganya menuju surga. (bash)

×