29/11/2023

Sosialisasi Teknologi Pendidikan : Guru Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju Siap Mengadopsi Platform Digital

Tingkat pemanfaatan teknologi untuk mendukung pendidikan cukup kecil. Terlebih lagi saat ini seorang guru dituntut untuk banyak belajar mengoptimasi aplikasi-aplikasi yang berbasis pendidikan

HidayatullahSulbar.Com, Mamuju – Pendidikan Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju kembali menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan platform teknologi dalam mendukung belajar murid tanpa gadget secara luring, Sabtu (21/10/2023).

Bertempat di Aula Kampus Madya Hidayatullah Mamuju yang diikuti oleh 25 orang dewan Guru TK, SD dan SMP ini dengan pemateri tunggal Ibu Nurlaila, S.Pd dari Sahabat Teknologi Provinsi Sulawesi Barat 2023.

Ketua Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) Mamuju Ustadz Firman Haq, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa di era digital sekarang ini masih banyak dijumpai guru-guru, bahkan yang mengajar di sekolah strategis sekalipun, pengetahuan dan pemahaman teknologi dan informasi masih cukup rendah.

“Sekolah yang terletak di tempat yang strategispun, masih kita menjumpai pengetahuan dan pemahaman guru terkait teknologi dan informasi masih cukup rendah.” Ujarnya.

“Hal ini mengakibatkan tingkat pemanfaatan teknologi untuk mendukung pendidikan cukup kecil. Terlebih lagi saat ini seorang guru dituntut untuk banyak belajar mengoptimasi aplikasi-aplikasi yang berbasis pendidikan.” Tambahnya.

“Kemampuan guru terhadap teknologi sangat diperlukan. Sebab proses pembelajaran konvensional harus berpindah menjadi proses pembelajaran Interaktif. Oleh karena itu, teknologi informasi menjadi alat terbaik sebagai media pembelajaran.” Harapnya.

Firman mengambil salah satu contoh, yaitu bagaimana memanfaatkan dan menggunakan aplikasi Canva. Pengetahuan guru-guru kita mengenai platform ini masih kurang. Bahkan mereka juga belum bisa memaksimalkan dan mengoptimasi pemanfaatan platform digital secara umum dengan baik.

“Pelatihan terkait penggunaan platform digital ini dikemas dalam bentuk sosialisasi, edukasi dan praktek sehingga harapannya guru-guru mulai TK sampai SMP Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju dapat mendesain dan melaksanakan praktek pembelajaran dalam kelas dengan lebih interaktif.” Kuncinya. */rifal