29/11/2023

Hidayatullah Polman Dahulukan RQH Binuang Agenda Tarhib Ramadhan Keliling se Kabupaten

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Binuang – Tarhib ramadhan santri rumah Qur’an Hidayatullah Binuang pada hari Jum’at 03 Maret 2023 lalu di masjid Al Ikhlas dusun Mirring,

Kegiatan ini dihadiri oleh Imam Masjid Al Ikhlas, tokoh masyarakat, seluruh santri putra dan putri Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) Binuang, para guru RQH serta sebagian pengurus DPD Hidayatullah Polewali Mandar.

Tarhib Ramadhan kali ini bertemakan “Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas” tema ini dijelaskan oleh ketua departemen dakwah mengambil contoh puasa, jika tidak diketahui ilmunya maka akan dikhawatirkan pahala puasanya tidak berkualitas. Adapun yang dimaksud Belajarku Tuntas adalah “Tingkatkan mengajinya selesaikan bagi yang (masih kelas) Iqro’ “ lanjutnya.

Taufik Malik S.Sos.I, ketua DPD Hidayatullah Polman, dalam materinya menyampaikan beberapa istilah amaliyah (amalan) dalam bulan Ramadhan di antaranya adalah niat puasa, sahur, shalat tarawih, membaca Al Qur’an atau tadarrus, zakat fitrah, shalat malam atau tajjud dan shalat idul Fitri.

Dikatakan kepada hadirin “Harta yang kita miliki harus dikeluarkan zakatnya jika memenuhi syarat agar suci dan berkah sehingga ditambahkan oleh Allah SWT dan terhindar dari kemurkaaan-Nya”.

“Dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa yang pertama ketika hendak berbuka yang kedua adalah ketika bertemu dengan penciptanya yaitu Allah SWT.” Tutupnya.

Pengurus daerah Hidayatullah Polman berinisiatif meyegerakan kegiatan sejenis, mengingat beberapa tempat, masjid dan pondok pesantren lainnya yang ia kunjungi belum menjumpai kegiatan Tarhib Ramadhan yang ia maksud.

Menurut rencana, kegiatan ini akan digulir ke semua RQH se Polewali Mandar dan dimulai dari RQH Binuang sebagai RQH paling ujung berbatasan dengan kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan sampai ke RQH Campalagian.

Tarhib Ramadhan atau dalam bahasa kita menyambut Ramadhan adalah rutinitas dai dai Hidayatullah di beberapa daerah dengan mengisinya beberapa acara di antaranya memberikan penjelasan seputar amalan amalan selama berpuasa di bulan puasa Ramadhan, sebagaimana penjelasan ketua engurus daerah Hidayatulah Polman.

Seremonial non formal tahunan ini, biasanya, diadakan secara kolektif di satu tepat atau dengan road show ke titik binaan atau amal usaha milik organisasi. (Abu Nafi)