28/11/2022

Monitoring dan Evaluasi, Ketua DPD Hidayatullah Pasangkayu Pasang Target

HidayatullahSulbar.Com, Pasangkayu – Monitoring dan Evaluasi, DPD Hidayatullah Pasangkayu juga melaksanakan pengajian dan peninjauan lokasi tanah wakaf pada dua tempat, Ahad (13/11/2022)

Ustadz Gunawan, S.Pd.I Ketua DPD Hidayatullah Pasangkayu, dalam kesempatan menyampaikan kata sambutan pada seremonial monitoring dan evaluasi (Monev) mengatakan bahwa Hidayatullah Pasangkayu tahun 2023 siap menyelesaikan target-target berdasarkan kebijakan organisasi.

Target-target yang dimaksud kata beliau adalah mengupayakan dan memaksimalkan potensi dan kemampuan sumber daya insani dan asset yang ada untuk memberikan daya dukung pergerakan tri konsolidasi khususnya dalam rangka terwujudnya standardisasi, sentralisasi dan Integrasi Sistemik

“Khusus konsolidasi organisasi, kami akan memaksimalkan upaya memenuhi 6 elemen penting diantaranya adalah pembenahan administrasi, kemudian aplikasi fungsi manajemen.” Sambutnya sambil mengurai secara rinci fungsi-fungsi manajemen.

“Alhamdulillah para pengurus dan kader kita sangat solid, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan, skill dan keterampilan masih belum memadai. Namun bukan menjadi suatu alasan untuk tidak bergerak dan bekerja.” Paparnya.

“Ada modal besar dan semangat membara untuk kemudian bisa menjadi potensi yang tak terbendung, jika saja tidak dibarengi dengan faktor-faktor tuntutan di sisi lain.” Setengah berteriak sambil takbir : “Allahu Akbar!”

Betapa tidak, dalam satu hari itu saja bisa menyelesaikan 4 agenda sekaligus dengan tempat yang berbeda. Pengajian warga dan santri ba’da shubuh, kemudian dilanjutkan Monev pukul 08.00 wita. Jam 10.00 langsung ke lokasi tanah wakaf survey untuk melihat potensi, peluang sekaligus tantangan yang berada di dua loaksi yang berbeda.

Kemudian ba’da dhuhur rombongan DPW melanjutkan perjalanan ke Kec. Baras untuk mengisi pengajian yang menempuh jarak sekitar 60 km.

Sebelum monitoring dan evaluasi (Monev), Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat Ustadz Drs. H. Mardhatillah dalam materi pengajiannya menyampaikan bahwa ada beberapa sosok nabi dengan segala tantangannya masing-masing.

“Nabi Musa dengan musuh bebuyutannya Fir’aun laknatullah memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada para kader dan pengurus bahwa betapa kepasrahan/tawakkal Nabi Musa bersama pasukannya ketika dikejar oleh pasukan Fir’aun dan di depannya terbentang lautan yang luas.” Dengan nada bertanya : “Apakah kemudian Nabi Musa dan pasukannya diam saja?”

“Begitupula ketika Nabi Nuh yang berdakwah selama 950 tahun dan pengikutnya tidak lebih dari 80 orang, apakah dia putus asa? Tentunya tidak.” Kembali memancing para hadirin untuk berpikir.

“Termasuk bagaimana Nabi Ibrahim berimprovisasi menghadapi kekejaman seorang Namrud dengan mengalungkan kampak pada leher patung besar yang sengaja tidak dihancurkan. Tentu saja Namrud marah besar dan pada puncaknya mengeksekusi Nabi Ibrahim dengan membakarnya. Apakah pertolongan Allah terlambat datang?”

“Ini semua menjadi perenungan kita khususnya para kader sebagai ujung tombak perjuangan, sebab di daerah-daerah saya kira belum ada yang sekejam Namrud, belum ada juga musuh yang mengejar-ngejar kita atau sampai disuruh membuat perahu di atas gunung.” Papar beliau.

Pada kesempatan agenda peninjauan lokasi tanah wakaf Camat Pasangkayu dan Bupati Pasangkayu, Ustadz Mardhatillah membersamai para pengurus DPD Hidayatullah Pasangkayu dengan mengendarai 6 motor yang berjumlah 11 orang.

Ketua DPW Hidayatullah Sulbar bersama rombongan berada di lokasi tanah wakaf

Melalui medan yang berat, jalan setapak dengan tanjakan dan kiri-kanan yang terjal. Sesekali rombongan harus turun dari motornya dan mendorong karena disamping pendakian, juga jalan yang sempit, berlobang dan licin. Disamping itu juga melewati jembatan gantung yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua

HidayatullahSulbar.Com juga ikut merasakan perjalanan tersebut dan tidak sedikit melewatinya dengan jalan kaki.

Ketua DPW Hidayatullah Sulbar Ustadz Drs. H. Mardhatillah dibonceng oleh Ketua DPD Hidayatullah Pasangkayu Ustadz Gunawan, S.Pd.I sepulang dari meninjau lokasi tanah wakaf

Kemudian siang hari rombongan DPW bersama Pengurus Wilayah Muslimat Hidayatullah melanjutkan tugas dakwah ke Kecamatan Baras untuk mengisi pengajian umum di Pondok Pesantren Hidayatullah Baras.*/massi