28/11/2022

Lagi, Siswa SD Integral Al-Furqan Belajar Tentang Tumbuhan Pangan di BPTP Sulbar

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Mamuju – Kali ini giliran siswa kelas 1 A dan B SD Integral Al-Furqan melakukan kunjungan belajar atau fieldtrip ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat.

Bertempat di Jl. H. Abdul Malik Pattana Endeng kompleks perkantoran gubernur Sulawesi Barat, sekira 40 siswa didapingi walikelasnya dan disambut langsung oleh Religius Heryanto, S.ST koordinator BPTP di salah satu ruang aula kantor tersebut.

Pihaknya senang mendapat kunjungan dari SD Integral Al-Furqan, berharap pendidikan model lapangan ini terus terjalin sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang tugas pokok dan fungsinya di BPTP.

Pada agenda perjalanan kali ini, Selasa 1 November 2022 sedikit berbeda karena bagi peserta sebelulmnya sudah mendengar tentang susasana kunjunagan yang dilakukan kakak kelas beberapa bulan, penasarannya terlihat saat mereka turun dari bis.

Peserta dikenalkan jenis jenis tanaman bahan makanan yang ditanam di sekitar kantor, juga dikenalkan sayur mayur dan buah buahan.

Peserta dikenalkan secara langsung tanaman terung kandungan nutrisi yang dimilikinya, terung diyakini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, antara lain: menekan risiko penyakit jantung, mencegah penyakit diabetes, menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan. dan lain lain.

Selain belajar tentang beberapa flora di kebun , peserta juga dikenalkan seputar dunia fauna melalui pemutaran film animasi. Hal ini tentu menarik perhatian para petandang asal sekolah swasta Islam terbesar di kota Mamuju tersebut.

Mengingat kebanyakan isi bekal di sekolah dan jajanan mereka cenderung sedikit asupan sumber protein nabatinya, terlihat anak lebih suka menu ‘keringan’ seperti mie instan goreng dan ayak geprek atau telur ceplok dengan sedikit saus kemasan saset.

Abdul Gafar, S.Pd. kepala sekolah SD Integral Al-Furqan di kesempatan menjelaskan pentingnya pendidikan tentang tumbuhan pangan bagi anak adalah, agar mereka terbiasa dengan sumber protein nabati juga. “Agar anak senang makan sayur dan buah” Targetnya. (bash)