• Sel. Okt 4th, 2022

Field Trip Siswa SD Integral Al-Furqon ke KOREM 142 Tatag

ByMuhammad Bashori

Sep 15, 2022

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Mamuju. Sebanyak 61 siswa siswi kelas 1 a dan b SD Integral Al-Furqan pada Kamis (15/9/2022) ini mengikuti field trip ke markas Korem 142 Tatag.

Menggunakan 2 bus DAMRI bertolak dari sekolah mereka di depan pasar baru Mamuju didampingi guru kelasnya masing masing.

Tujuan kunjungan lapangan kali ini adalah mengenalkan dasar wawasan kebangsaan kepada peserta didik , mulai dari dasar pendidikan baris berbaris, seragam dan atribut anggota TNI berikut profilnya.

Sertu Fauzan Bagus Satrio, Bintara Staff Teritorial Korem 142 Taroada Tarogau selaku pemandu jalannya acara tersebut memilih halaman Korem di bilangan Rangas itu.

“Siapa yang mau jadi tentara?” tanya Sertu Fauzan di sela sela pengenalan atribut TNI kepada peserta.

Sontak hampir seluruhnya angkat tangan dan serempak menjawab “Saya…”.

Sertu Fauzan Bagus Satrio, Bintara Staff Teritorial Korem 142 Taroada Tarogau, saat mengenalkan sikap tegap dalam baris berbaris kepada peserta fied trip Siswa kelas 1 SD Integral Al-Furqan.

Juga dikenalkan fungsi TNI dalam menjaga keutuhan NKRI kepada anak sejak dini, mengenalkan pakaian dinas harian, pakaian dinas lapangan lengkap dengan atribut atributnya dengan menghadirkan figuran.

Dibenarkan Abdul Gafar, S.Pd.I kepala sekolah SD Integral Al-Furqan yang juga hadir di lokasi tersebut bahwa agenda sejenis adalah bagian dari pembelajaran.

“Cara (field trip) ini memudahkan mereka memahami materi langsung dari sumbernya” terangnya, karena menurutnya pengenalan model seperti ini dinilai efektif.

Harapnya, peserta didik dapat memahami fungsi TNI sebagai penegak kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, mendapatkan motivasi belajar yang tinggi, memiliki cita cita dan terus berlatih agar dapat disiplin. (bash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.