• Ming. Okt 2nd, 2022

Ajari Nasionalisme dan Patriotisme Siswa Melalui Lomba

ByMuhammad Bashori

Agu 16, 2022

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Mamuju. Salah satu wujud nasionalisme merupakan sikap cinta tanah air. Bisa dilakukan dengan membeli serta menggunakan produk dalam negeri.

Sementara itu patriotisme sendiri adalah sikap rela berkoban. Misalnya berkorban untuk memerdekakan negara atau mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam tujuan itulah SD Integral Al – Furqon Hidayatullah Mamuju menggelar beberapa perlombaan yang diikuti oleh skira 400 siswanya bertempat di halaman sekolah pada Selasa (16/8/2022).

Peringatan kemerdekaan RI ke-77 dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat pada tahun ini oleh pihak sekolah tidak termasuk pawai atau long march ke luar kompleks mengingat pekan sebelumnya di sekolah yang sama melaksanakan pelatihan dan sertifikasi belajar membaca Al-Qur’an metode Al-Hidayah.

Tampak walimurid ikut menyaksikan jalannya lomba dan memadati latar acara untuk mengabadikan momen perayaan kemerdekaan di SD Integral Al-Furqon.

Untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan tersebut panitia meramaikan dengan lomba tarik tambang, yel – yel, sandal kayu tandem (bakiak), lari karung, dan pakaian unik. Diikuti sebanyak 15 kelas dan memadati halaman sekolah yang berada di jalan Abdul Syakur no. 2 Mamuju ini.

“Pada dasarnya semua rangkaian ini adalah bagian dari perayaan kemerdekaan negara tercinta kita”ungkap Abdul Gafar, S.Pd.I kepala sekolah SD Integral Al-Furqon.

Ditambahkan, tujuannya adalah mengajari siswa siswinya agar tumbuh rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme. Mengambil pelajaran tentang sejarah para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Tampak Fayyadh siswa kelas 1 berpakaian lengkap ala tentara dan polisi cilik dalam barisan kelasnya layaknya pasukan tempur yang bersiap melawan penjajah. Di sisi lain beberapa siswi berpakaian layaknya perawat dan polwan.

Suasana itu rupanya tidak luput dari pantauan walimurid yang hadir saat itu, sibuk mendokumentasikan buah hatinya dan beberapa yang lain memerhatikan suasana sekolah yang semakin riuh dengan lomba lomba dengan euforia dan tepuk tangan teman sekelasnya. (bash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.