• Ming. Okt 2nd, 2022

Satuan Komunitas Pramuka Hidayatullah Sulawesi Barat Menyelenggarakan Diklat Dasar Pelatih

ByGianto AH

Jul 16, 2022

HidayatullahSulbar.com, Mamuju – Satuan Komunitas Daerah Pramuka Hidayatullah Sulawesi Barat menyelenggarakan Diklat Dasar Pelatih Pandu se-Sulawesi Barat bertempat di Kampus Madya Hidayatullah Mamuju, 15-17 Juli 2022.

Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif sebagai implementasi program Ketua Satuan Komunitas Daerah Pramuka Hidayatullah Sulawesi Barat Ustadz Firman Haq, S.Pd.I.

Program ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak khususnya Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Sulawesi Barat sendiri, BMH Perwakilan Sulawesi Barat, YPCM Mamuju. Kegiatan ini di ikuti oleh peserta sebanyak 20 orang yang mewakili setiap DPD Hidayatullah se-Sulawesi Barat.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Ustadz Najamuddin, M.Pd Selaku Ketua YPCM Mamuju dan tuan rumah, Ustadz Herman DJ, S.Sos.I selaku Ketua Departemen Pendidikan dan Kepesantrenan DPW Hidayatullah Sulawesi Barat sekaligus membuka acara.

Hadir pula Kepala BMH Perwakilan Hidayatullah Sulawesi Barat Ustadz Rahmat Wijaya, S.Pd.I Ketua Pemuda Hidayatullah Sulawesi Barat Bang Abdul Gapar, S.Pd.I Kepala Sekolah SMP-MA Integral Al-Furqan Ustadz Suaib, S.Pd sekaligus ketua panitia Diklar Dasar SAKO. Dari pusat hadir melalui sabungan Zoom Panglima Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH) Syarif Daryono.

Pada kesempatan ini Ustadz Najamuddin, M.Pd menyampaikan acara ini sedianya akan di laksanakan tanggal 1-3 Juli 2022, namun karena ada kendala teknis acaranya kita undur, sampai hari ini baru bisa terlaksana.

“Pada dasarnya kami sebagai tuan rumah mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan menjadi amal jariah untuk kita semua. Selanjutnya terima kasih kepada panitia yang telah mengadakan kegiatan ini, sebagai tuan rumah apabila ada kesalahan nanti dapat pelayan yang kurang nyaman.” Sambungnya

Panglima GPH Syarif Daryono memberikan sedikit sambutan untuk memeriahkan Diklat Dasar pelatih Pandu ini. “Saya mengapresiasi atas nama markas pusat SAKONAS Pramuka Hidayatullah atas terselenggranya acara ini. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari kita semua untuk beranjak dan bergerak dalam rangka meningkatkan kapasitas supaya semakin layak menjadi seorang kader yang akan mengkader dan melatih kader.” Terangnya.

Peserta Diklat Dasar Pelatih Pandu menerima penyampaian materi dari instruktur

“Dengan dilaksanakannya diklat maka wawasan yang kita peroleh, pemahaman semakin menguat, semangat semakin meningkat dan juga usaha untuk melakukan proses kaderiasi akan terus berjalan maksimal sampai menuntut betul kita bisa mewujudkan, melahirkan kader-kader pelanjut dakwah dan perjuangan Islam ini.” Tutur beliau.

Kemudian acara di buka oleh ustadz Herman DJ, S.Sos.I mewakili Ketua DPW yang saat ini sedang melaksanakan Ibadah Haji.

Sebagaimana yang lainnya Ustadz Herman juga menyampaikan bahwa tentunya kita bersyukur acara ini terlakasana dengan baik meski sempat tertunda. Tentunya hikmahnya penundaan ini, bisa memberika pelayanan dengan baik untuk peserta (red).

Selanjutnya beliau menyampaikan kepada panitia untuk memporsir waktu yang ada, agar kegiatan ini bisa berjalan maksimal baik di ruangan maupun di lapangan.

“Jangan ada waktu unuk berleha-leha atau bersantai-santai. Bahwa spirit yang kita bangun dalam mengemban amanah ini adalah seperti yang di katakan Bang Syarif yaitu spirit profetik dan profesional.” Lanjutnya.

“Dalam mengemban amanah ini senantiasa melaksanakan profesionalisme sekaligus senantiasa mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah.” Kuncinya.

Latihan PBB yang dibawakan anggota Koramil Kec. Mamuju

Panitia SAKODA Pramuka mengadakan kegiatan ini bertujuan untuk mencetak pelatih-pelatih yang terampil dalam Satuan Komunitas Pramuka Hidayatullah se-Sulawesi Barat. Selain itu juga kedepannya para pelatih yang akan dilatih pada kegiatan ini di harapakan menjadi pelatih yang profesional dan profetik sehingga melahirkan kader-kader pandu Hidayatullah yang terbaik. /*Gianto AH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.