• Sel. Okt 4th, 2022

Puasa Ramadhan Sebagai Madrasah (Bagian II)

Byadmin

Apr 4, 2022
badar

Oleh Najamuddin, M.Pd*)

Salah satu Faedah Puasa Ramadhan adalah mampu memersatukan Umat Islam di seluruh penjuru, semuanya Berpuasa mulai dari munculnya fajar shodiq sampai dengan tenggelamnya Matahari.

Puasa harus mampu mengantar orang berpuasa menjaga keutuhan umat islam. Sebab islam akan kuat dengan bersatunya umatnya.

Satu lidi tentu tidak bisa dijadikan sapu manakala hanya sendiri, akan berbeda ceritanya jika lidi tersebut di kumpul sampai puluhan maka dia pasti akan mampu menjadi sapu yang kuat dan kokoh membersihkan halaman- halaman rumah.

Sejarah mencatat umat islam dimenangkan oleh Allah dalam perang badar, menghadapi musuh yang berlipat ganda tidak membuat gentar bahkan ciut, ummat islam mendapat kemenangan dengan prajurit yang solid, taat komando dan pemimpin yang visioner, yang mampu mengantarkan Umat islam memenangkan perang.

Berbeda cerita dengan perang Uhud yang mana kemenangan diraih oleh kaum kafir Quraisy disebabkan karena bercerainya prajurit yang menjaga pegunungan Uhud, dimanfaatkan oleh kaum kafir Quraisy untuk menyerang balik umat Islam.

Dua perang di atas menjadi contoh yang relevan untuk kita renungi bersama, betapa kuatnya jika kita bersatu dan betapa rapuhnya kita jika kita bercerai-berai.

Pepatah mutiara dari Ulama, menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk kita renungi.

الإتحاد أساس النجاح

“Bersatu adalah pangkal keberhasilan.”

Maka tak ada tawar menawar untuk sebuah kesuksesan harus dengan persatuan yang kuat, kokoh, landasan ikatan persatuan jelas dalam Islam melalui Firman Allah dalam Surah Ali Imran ayat 103 :

 وَٱعۡتَصِمُواْ بِحَبۡلِ ٱللَّهِ جَمِيعٗا وَلَا تَفَرَّقُواْۚ وَٱذۡكُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ عَلَيۡكُمۡ إِذۡ كُنتُمۡ أَعۡدَآءٗ فَأَلَّفَ بَيۡنَ قُلُوبِكُمۡ فَأَصۡبَحۡتُم بِنِعۡمَتِهِۦٓ إِخۡوَٰنٗا وَكُنتُمۡ عَلَىٰ شَفَا حُفۡرَةٖ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنۡهَاۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَهۡتَدُونَ 

“Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”

Semoga kita semua dalan Lindungan Allah, dan berada dalam arisan memperkokoh Jama’ah,
Semoga kita dijauhkan dari bagian yang meretakkan Ukhuwah Islamiyah, apatah lagi berada dalam barisan yang terdepan sabagi propokator kegaduhan umat Islam.

Salam Ta’zim dari Masjid Al Walidain.
____________________________________
*) Ketua Dept. Perkaderan, Pembinaan Keluarga & PAUD DPW Hidayatullah Sulawesi Barat dan Ketua YPCM Hidayatullah Mamuju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.