• Sel. Okt 4th, 2022

Outbond TK-SD Integral Al-Furqan, Menargetkan Sportifitas dan Merdeka Belajar

ByGianto AH

Mar 13, 2022

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, MAMUJU — Yayasan Pendidikan Cerdas Mandiri (YPCM) Hidayatullah Mamuju mengadakan Kegiatan Outbond Kids dengan tema “Solid, Speed dan Smart.”

Bertempat di Kampus II Pondok Pesantren Hidayatullah Dusun Salutalawar desa Tadui Kec. Mamuju. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Pendidikan Cerdas Mandiri dengan Rangrang Adventure salah satu amal usaha SAR Hidayatullah Pusat.

Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 12-14 Maret 2022. Jumlah pesera yang hadir selamat kegiatan ini sekitar 300 siswa, 260 orang dari SD sisanya 40 siswa TK Integral Al-Furqan Mamuju.

Hadir dalam Kegiatan ini Abdul Gapar, S.Pd.I selaku kepala Sekolah SD Integral Al-Furqan Mamuju.

Kepala SD Integral Al-Furqan Hidayaullah Mamuju

Di sela-sela kegiatan Outbond, Gapar menyampaikan. “Semua siswa tetap semangat, menjaga stamina supaya nanti dalam kegiatan ini tetap semangat. Jaga kesehatan, jangan menyerah dan jangan takut.”

Kemudian beliau menyampaikan juga bahwa kegiatan Outbond Kids ini merupakan salah satu program unggulan SD Integral Al-Furqan Hidayaullah Mamuju.

“Dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat mengenal lingkungan yang ada sehingga mereka bisa cinta kepada Allah Subhanahu Wata’ala.”

“Harapan kita mereka bisa antusias dan bergembira bahkan orang tua siswa sendiri sangat antusias mengikutkan anak-anaknya.” Pungkasnya.

Kemudian acara dibuka oleh Ustadz Drs. Mardhatillah selaku ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat.

Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat Ustadz Drs. Mardhatillah membuka Outbond Kids TK-SD Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju

“Acara ini sengaja di adakan oleh pihak Yayasan untuk menumbuhkan nilai-nilai sportifitas anak-anak kita yang di dalamnya tentunya terkandung nilai-nilai mental spiritualnya.”

“Kita tumbuhkan dilapangan intelektualnya untuk senantiasa berfikir cerdas serta nilai-nilai kepekaannya atau kecerdasan emosianalnya.”

“Ini yang sengaja kita ramu di lapangan suapaya ketiga hal itu terakumulasi dalam diri anak-anak kita supaya nanti juga pada saat tumbuh dan berkembang itu semuanya tidak terpisahkan.”

“Dia cerdas dia memiliki kepekaan sekaligus nilai spiritual atau nilai-nilai keilahian atau nilai-nilai imam dan taqwa yang tertanam di dalamnya.”

Sehingga amanah yang diberikan nantinya kepda anak-anak kita saat dia menjadi pemimpin dan abdi agama, bangsa dan negara sudah siap.” Kuncinya.

Di tempat terpisah Ustadz. Najamuddin, M.Pd selaku ketua Yayasan Pendidikan Cerdas Mandiri mengatakan kegiatan ini di lakukan oleh Pesantren Hidayatullah Mamuju yang mana Yayasan ini menaungi Sekolah Integral Al-Furqan ada TK, SD, SMP dan SMA.

Ketua YPCM Ustadz Najamuddin, M.Pd

“Untuk saat ini kita adakan Outbond Kids, sasarannya adalah murid TK dan SD yang berjumlah sekitar 300 Peserta.”

“Tujuan kita mengadakan kegiatan Outbond ini adalah memberikan penguatan kepada anak-anak terkait apa itu merdeka belajar.”

Kegiatan ini rutin kita adakan tiap tahun Insya Allah. Kemudian setelah acara outbond ini nanti akan kita adakan mabit bertenda yang Insya Allah juga kita adakan di tempat ini.”

Outbond Kids Sekolah Intgral Hidayatullah Mamuju di adakan bertujuan untuk melatih sportifitass anak-anak mengajarkan bagaimana melawan rasa takut, keseimbangan, ketangkasan dan tentunya adalah belajar mencintai alam yang agar anak-anak semakin mencintai penciptanya.” Harapnya.

Kemudian masih di lokasi kegiatan salah seorang orang tua siswa yakni ibu Haryeni beliau mengatakan, kegiatan ini bagus sekali meumbuhkan kreatifitas siswa.

Salah seorang wali siswa Ibu Haryeni

“Dituntut juga keberaniannya serta mentalitasnya, dalam kegiatan ini minimal mereka bisa berinteraksi dengan teman-temannya.”

“Sesekali dikutkan kegiatan seperti ini karena selam masa pandemi memang mereka kurang mengikuti kegiatan-kegiatan di luar untuk membangkitkan kembali semangat mereka.” Katanya sembari matanya berkaca-kaca karena terharu.

Dari perwakilah Rangrang Adventure Muhammmad Bashori, S.Pd.I menyampaikan harapannya. “Anak kita tidak hanya memiliki ilmu yang bermuatan kognitif saja, tetapi mereka kita bekali bagaimana psikomotorik terlatih lewat kegiatan Outbond seperti yang sekarang ini dilaksanakan.”

Instruktur Outbond Kids Ustadz Muhammmad Bashori, S.Pd.I

“Targetnya, selain meraka menahami muatan-muatan dan nilai kandungan Al-Qur’an yang diajarkan di sekolah, mereka juga dilatih kepekaannya, sensitifitas terhadap kehidupan sosial.”

“Tidak hanya sholeh terhadap dirinya, tapi mereka juga peka terhadap lingkungan dimana mereka berada.”

“Disamping itu juga ada permainana Flying Fox dan Spider. Ada juga Titian Shirotol Mustaqim serta semuanya adalah juga dalam rangka melatih kepekaan disini.” Kuncinya sembari mengeluarkan senyum khasnya.

Untuk hari pertama berjalan kegiatan ini di mulai pukul 08.00-14.00 WITA dan akan dilanjutkan lagi sampai hari Senin.*/Gianto AH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.