• Sel. Okt 4th, 2022

Sekolah Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju Belajar Wasbang di Korem

ByMuhammad Bashori

Feb 16, 2022

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, MAMUJU – School field trip yang dilakukan SD Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju kali ini memilih markas Korem 142/Taraoada Tarogau (Tatag) Mamuju. Memilih destinasi tersebut diharapkan peserta didik mendapatkan wawasan kebangsaan secara langsung.

Studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju markas yang berada di Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Rangas, Kec. Simboro tersebut sangat berkesan bagi seluruh peserta dari siswa SD kelas 1 A dan B, dan siswa kelas 2 A, B dan C hari ini Rabu, (16/2/2022).

Berangkat menggunakan 3 unit bus DAMRI dan beberapa kendaraan roda 4 milik wali murid yang ingin menyaksikan langsung putra putrinya di lokasi.

Mayor Arhanud Royadi, Paskomsos Korem 142/Taroada Tarogau yang didampingi Serda Sugian Jaya menyambut seluruh peserta di ruang terbuka Makorem.

Disambut oleh Mayor Arhanud Royadi, Paskomsos Korem 142/Taroada Tarogau yang didampingi Serda Sugian Jaya di ruang terbuka Makorem. Suasana sambutan sedikit terburu buru karena cuaca mendadak mendung tebal menandakan turunnya hujan.

Dijelaskan Mayor Arhanud Royadi, ia sangat berterima kasih atas kunjungan sekolah SD Integral Al-Furqan dan pihaknya akan mengadakan orientasi terhadap tamu yang dating, mereka akan memberikan wawasan kebangsaan secara mendasar.

“Pengenalan tentang Makorem, para pejabatnya, profil profil tantara dan tugas tugasnya. Juga (materi) wawasan kebangsaan kepada mereka sejak ini, ini sangat penting” tandasnya.

Ditambahkan, tentang perlunya pendidikan moral anak bangsa yang bangga dengan negaranya, memahami mental pejuang kemerdekaan dan bisa menjaganya. Sehingga, menurutnya, kualitas pribadi generasi ini kuat untuk mempertahankan keutuhan NKRI tercinta.

Selanjutnya seluruh pengenalan Markas komando (Mako) dipandu oleh Serda Sugian Jaya dan beberapa anggota TNI lainnya berjaga dan menemani para peserta trip tersebut. Di awal pengantar suasana belum sesuai ekspektasi tuan rumah nampaknya. Gaduh dan masing masing peserta masih beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Dikenalkan tetang keberadaan dan fungsi tentara di tengah masyarakat khususnya Mamuju, Korem 142/Tatag, dijelaskan oleh Serda Sugian Jaya, adalah kesatuan TNI AD yang bertanggung jawab atas keamanan negara yang terbagi dalam wilayah teritorial khususnya Sulawesi Barat.

Sembari mengajak seluruh peserta yang berjumlah 70 anak berkeliling Mako yang asri dengan dominasi bangunan berwarna hijau, foto bersama di depan pintu gerbang juga menjelaskan pentingnya menata lingkungan agar bisa memberikan kesejukan sebagai cerminan suasana asri dan damai.

Didampingi wali masing masing kelas dan beberapa orangtua siswa yang hadir, rangkaian penyajian materi materi wawasan kebangsaan berakhir di Aula Korem 142/Tatag.

Di sela sela waktu juga diceritakan tentang kisah kisah heroik para perintis kemerdekaan negeri yang mengorbankan jiwa dan raganya agar generasi setelahnya bisa menikmati Indonesia yang damai dan sejahtera.

“Siapa yang mau jadi tentara?” tanya om Jaya yang disambut acungan jari hampir seluruh siswa yang hadir dan beberapa siswi dengan tersipu. “Bagus, kalian harus bangga jadi pembela tanah air tercinta ini” pungkasnya.

Dalam studi lapangan tersebut ada sesi pemberian cindera mata oleh kepala sekolah SD Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju, Abdul Gafar, S. Pd.I kepada komandan Korem 142 yang diwakili oleh Mayor Arhanud Royadi.

Dalam rencana, kegiatan serupa menurut Abdul Gafar, Sekolah akan melakukannya dalam triwulanan ke beberapa destinasi yang bisa memberikan wawasan baru bagi peserta didik yang belajar pada unit usaha milik Hidayatullah Mamuju tersebut. (bash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.