• Ming. Okt 2nd, 2022

Orang Cerdas Hemat Listrik

Byadmin

Nov 5, 2021

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, Nyalakan lampu taman saat hari mulai petang dan mematikannya sepulang dari sholat subuh karena haripun mulai terang.

Kebiasaan rutin kecil ini dapat dilakukan sekitar 5 detik sambil melintas di depan saklar lampu, begitu juga lampu ruangan yang tidak penting maka mematikan adalah pilihan orang cerdas.

Bukan hanya lampu taman, lampu kamar mandi dan gudang juga diperlakukan seperti itu yakni menayalakan hanya sesuai kebutuhan dan ketika selesai perlu kita, matikan.

Berikut rilis SUN Energy tentang cara cerdas berhemat listrik :

1. Manfaatkan Fungsi Kendali dari Smart Device
Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik adalah memanfaatkan fungsi kendali dari smart device. Sering kali Anda merasa malas untuk memadamkan listrik di rumah. Akan tetapi, dengan kecanggihan teknologi saat ini, hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dengan hadirnya pengontrol dari smart device, Anda dapat mematikan listrik atau perangkat rumah lainnya hanya dengan satu genggaman. Untuk itu, ketika peralatan listrik tidak dipakai, seperti AC maupun televisi yang menggunakan remote, maka Anda cukup mengendalikannya melalui smart device saja.

2. Rawat Perangkat Listrik
Cara hemat energi listrik selanjutnya yaitu merawat peralatan listrik dengan lebih teratur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai untuk melakukan servis peralatan listrik dengan rutin. Cara satu ini bertujuan agar perangkat listrik yang ada di rumah tetap berfungsi dengan baik.

Anda dapat dengan rajin merawat dan membersihkan kulkas maupun microwave secara berkala. Pasalnya, kedua alat elektronik tersebut memiliki freon yang harus dibersihkan dengan rutin agar pendinginnya mampu bekerja lebih maksimal.

3. Masak Air Secukupnya atau Merebusnya Menggunakan Kompos
Cara lain untuk menghemat energi listrik adalah dengan memasak air secukupnya. Usahakan selalu memasak air dengan takaran air yang sesuai dengan kebutuhan. Selain mampu mengurangi limbah bekas memasak, proses memasak pun akan menjadi lebih cepat dan lebih menghemat penggunaan gas.

4. Gunakan Pakaian Sesuai Kondisi Cuaca
Ketika Anda mengenakan pakaian, ada baiknya untuk menggunakan yang sesuai dengan cuaca pada saat itu. Ketika Anda berada di cuaca yang dingin seperti bersalju atau kondisi hujan deras, sebaiknya kenakan pakaian yang cenderung lebih tebal dari biasanya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu menggunakan pemanas ruangan (heater).

Sebaliknya, apabila Anda sedang berada di cuaca yang panas, maka kenakan pakaian yang tipis dan longgar agar tidak gerah. Dengan cara ini, tentunya Anda pun tidak perlu menyalakan AC dalam waktu yang lama sehingga energi listrik juga menjadi lebih hemat.

5. Manfaatkan Penggunaan Timer AC
Hal lain yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik adalah dengan memanfaatkan penggunaan timer pada AC. Meskipun sedang menerapkan pola hemat energi, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan AC sama sekali. Anda dapat memilih AC dengan timer yang akan padam secara otomatis. Lewat cara ini, penggunaan AC juga dapat menjadi lebih ramah lingkungan dengan meminimalisir penggunaan berkelanjutan.

6. Hindari Mengisi Daya Ponsel Semalaman
Tips lain untuk menghemat listrik adalah dengan tidak membiarkan charger smartphone tertancap selama semalaman penuh. Meskipun beberapa peralatan listrik memang membutuhkan daya untuk digunakan, namun sebaiknya Anda menggunakan seperlunya saja. Apabila ponsel telah terisi penuh, ada baiknya untuk mencabut colokan charger smartphone stop kontak. Hal ini bertujuan agar daya listrik tidak terbuang begitu saja karena kabel charger yang masih terpasang walaupun sedang tidak digunakan.

7. Gunakan Transportasi Umum
Meskipun banyak yang tidak menyadarinya, penggunaan moda transportasi umum, nyatanya mampu menghemat banyak energi. Semakin sering kita memanfaatkan transportasi umum untuk kegiatan mobilitas harian, maka semakin sedikit pula bahan bakar yang Anda gunakan saat menggunakan kendaraan pribadi.

Tidak hanya menghemat bahan bakar saja, dengan menggunakan transportasi umum, Anda juga turut berkontribusi dalam mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Tentunya kondisi seperti ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penggunaan transportasi umum memiliki banyak sekali manfaat.

8. Memanfaatkan Cahaya Alami
Ketika siang hari, cara hemat energi dapat dilakukan dengan tidak menyalakan lampu. Terlebih lagi, apabila Anda memiliki jendela yang lebar, bukalah jendela tersebut agar mendapatkan penerangan dari cahaya matahari/alami. Dengan begitu, ruangan akan tetap terang meskipun tanpa menggunakan lampu. Ditambah lagi, cahaya matahari juga sangat bagus digunakan untuk berfoto.

Anda dapat mulai beralih menggunakan dan memanfaatkan energi alternatif sebagai cara untuk menghemat penggunaan listrik. Energi baru dan terbarukan seperti, energi surya, angin, air dapat menjadi pilihan alternatif Anda. Menggunakan energi surya dapat menjadi pilihan yang cocok untuk Anda karena sangat mudah pengaplikasian dan juga pemeliharaannya.

Sumber :

8 Cara Hemat Energi Listrik Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.