• Sel. Okt 4th, 2022

Semarak Hari Santri Nasional, SD Integral Al-Furqan Mengadakan Lomba

Byadmin

Okt 18, 2021
pembukaan

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, MAMUJU – Semarak Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021, SD Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju mengadakan lomba, secara resmi dibuka hari ini Senin (18/10/21).

“Lomba berlangsung dari tanggal 18-22 Oktober 2021 bertempat di gedung SD Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju. Adapun jenis lomba dan jadwalnya yaitu; mewarnai, menggambar, puzzle, tebak kata dan menyusun nama-nama malaikat dilaksanakan hari ini senin (18/10/21).” Jelas Kepala SD Integral Al-Furqan Ustadz Abdul Gapar, S.Pd.I.

“Selanjutnya, besok (Selasa, red.) yaitu lomba ucapan hari santri, menempel kertas dan hafalan hadits (kelas atas). Sedangkan pildacil, hafalan hadits (kelas bawah), adzan dan sambung ayat dilaksanakan pada hari Rabu.” Sambungnya.

“Puncak lomba pada hari Jumat (22/10/21) yaitu lomba masak tradisional sekaligus pengumuman dan pembagian hadiah.” Terang Ketua Pemuda Hidayatullah Sulawesi Barat ini.

“Jenis lomba juga kita sesuaikan dengan kemampuan perkelasnya, sehingga kita bagi dalam dua kelompok besar yaitu kelas bawah terdiri dari kelas 1-3. Sedangkan kelas 4-6 masuk dalam kelompok kelas atas. Walaupun terbagi dalam kelompok tersebut, namun ada jenis lomba yang tetap dilombakan baik di kelas bawah maupun kelas atas misalnya hafalan hadits.”

Saat HidayatullahSulbar.Com bertanya via whatsapp tentang apa harapan tujuan dalam lomba tersebut. Ustadz Gapar biasa dipanggilkan membalas : “Harapan kami agar siswa mampu mengenang jasa dan keterlibatan santri untuk memenangkan NKRI serta tujuannya supaya siswa bisa mengambil bagian dalam memeriahkan hari santri.”

Ustadz Abdul Gapar
Kepala SD Integral Al-Furqan Hidayatullah Mamuju Ustadz Abdul Gapar, S.Pd.I. memberikan sambutan pada pembukaan lomba Semarak Hari Santri Nasional (18/10/21)

Ketua Yayasan Pendidikan Cerdas Mandiri (YPCM) Hidayatullah Mamuju Ustadz Najamuddin, M.Pd. ketika dihubungi via whatsapp mengatakan : “Kita peringati hari santri di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Mamuju adalah dalam rangka menunjukkan identitas kita sebagai santri dari pesantren, dan mengadakan lomba, juga sebagai ajang mencari bakat santri mulai dari SD sampai SMA.” Tulisnya.

Sejarah Singkat Hari Santri Nasional

Berdasarkan kutipan di situs literasi news, bahwa Penetapan Hari Santri Nasional adalah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta.

Hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional dikarenakan pada hari tersebut, Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin oleh Hadratusyekh KH Hasyim Asy’ari.*/admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.