• Sel. Okt 4th, 2022

Santri SMA Integral Hidayatullah Mamuju Gantian Membaca Kitab

Byadmin

Sep 2, 2021
Santri Baca Hadits

HIDAYATULLAHSULBAR.COM, MAMUJU – Santri SMA Integral Al Furqan Hidayatullah Mamuju, Aras sore ini (1/9/21) mendapat giliran membacakan kitab. Kitab yang dibacakan adalah Riyadhus Shalihin di depan jamaah Shalat Ashar di Masjid Jabal Nur pondok tersebut.

Kali ini membahas Bab 204 tentang shalat sunnah rawatib di rumah serta perintah agar berpindah tempat atau diselingi dengan berbicara.

Salah satunya menyebutkan hadits ke 1135 yang artinya. “Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu Anhu bahwasanya Nabi Shalallahu alaihi wa Salam, “Wahai manusia, kerjakanlah shalat di rumah kalian, sebab sebaik baik shalat adalah shalat yang dikerjakan di rumah, kecuali shalat wajib” (Muttafaq ‘alaih).

Jamaah masjid yang terdiri dari santri, warga dan pengasuh menjadi gamblang lagi karena dibacakan juga tentang penjelasan hadits tersebut.

Kitab yang dikarang oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin yang kini sudah dibaca oleh setiap petugasnya. Selanjutnya sudah masuk halaman ke 854, ini berarti kitab tersebut sudah dipelajari sudah lama di pondok yang berada di desa Tadui kecamatan Mamuju itu.

Nurdin, S.Pd.I salah satu warga yang juga pembina menegaskan, “Santri SMA Integral Hidayatullah yang mendapatkan giliran harus mempelajari dulu sebelum ke mimbar agar kita dapat dengar dan mencerna dengan baik”.

Lebih jauh beliau berharap, bahwa program ini adalah salah satu cara mengajari santri dapat mengamalkan sunnah dengan benar. Oleh karena dipilihlah kitab-kitab rujukan dan ini ini salah satunya.

“Kegiatan ini juga termasuk dari agenda perkaderan, sebagaimana para pengasuh dan guru-gurunya juga diharuskan berhalaqah.” Kuncinya*/bash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.