• Ming. Okt 2nd, 2022

SAR Hidayatullah Sulbar Adakan Diklatsar, Ciptakan Rescuer Tangguh

Byadmin

Agu 8, 2021
Para Peserta Diklat SAR Hidayatullah Sulbar

MAMUJU TENGAH (HidayatullahSulbar.Com) –  DPW Hidayatullah Sulbar melaksanakan diklat SAR selama sembilan hari di Kabupaten Mamuju Tengah. Berlangsung mulai tanggal 1 hingga 9 Agustus dengan peserta dua puluh tiga orang  yang berasal dari seluruh DPD se-Sulawesi Barat.

Asisten Bidang Administrasi Umum,  Colleng Sulaiman S. Sos mewakili Bupati H. Aras Tammauni ketika membuka acara tersebut. Beliau sekaligus menegaskan tentang pentingnya seluruh panitia, pemateri dan peserta menjaga protokol kesehatan.

Pembukaan Diklat SAR : Asisten 3 Mamuju Tengah

Selain itu, pihak pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah Mamuju Tengah  mengapresiasi. “Kami sangat bangga atas prestasi yang dilakukan para anggota tim SAR Hidayatullah. Mereka bisa hadir Di beberapa bencana kecil hingga berskala internasional semisal pada bencana gempa bumi dan tsunami yang memporak porandakan wilayah Aceh akhir 2004 silam.”

Saking pentingnya menyoal protokol ini, sekretaris BPBD Mamuju Tengah Awaluddin, S.Sos. juga menekankan hal yang sama dalam sambutannya.

“Meskipun dari pihak kami yang memberikan izin kegiatan acara ini, nantinya bisa saja kami yang mengistirahatkan jika dalam pelaksanaannya abai terhadap ketentuan kami” tegasnya.

Sehingga Sodikin, SE ketua divisi diklat Pengurus Wilayah (PW) SAR Hidayatullah Sulbar membatasi jumlah pesertanya dan mengurangi interaksi fisik.

Hadir sebagai pemateri Alfarobi dari pengurus pusat, Ahmad Jaya dan Murdianto. Ketiganya berpengalaman dalam dunia Diklatsar.

Materi evakuasi disela-sela diklat SAR

Suasana Pelatihan SAR Hidayatullah Sulbar yang Dibarengi Teori dan Praktek

Materi yang diajarkan diantaranya jungle rescue, water rescue, vertikal rescue, MFR dan navigasi darat. Juga menekankan selama jalannya Diklat, peserta diatur untuk mendapatkan kemampuan dasar tentang kemandirian dalam menjalankan tugas.

Dengan harapan kelak menjadi anggota badan pencarian dan pertolongan yang solid dan siap menerima panggilan tanpa mengulur waktu apalagi beralasan untuk tidak beraksi.

Senada dengan itu jugaketua PW SAR Hidayatullah  Syarifudin, SH mengungkapkan “Semua rangkaian kegiatan dalam skenario kami dengan tujuan agar mereka memiliki skill dan kemampuan yang terlatih”.

Arena latihan diklatSAR (repling)

Hadir  memberikan sambutan dalam pembukaan, Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat, Ustadz Drs Mardhatillah, sekaligus mensupport dan memotivasi para peserta. Beliau berharap kepada Panitia dan pelatih untuk mensukseskan diklatsar tersebut yang bertempat di Kampus Pratama Hidayatullah Tobadak-2 Mamuju Tengah (1/8/2021).

Ketua DPW dalam Pembukaan Diklat SAR Hidayatullah Sulbar

Selain itu hadir juga Ketua DPD Hidayatullah Mamuju Tengah, Syamsuddin, S.Sos.I selaku tuan rumah, Ketua DPD Hidayatullah Mamuju, Hamzah, S.Pd.I sekaligus sebagai peserta aktif serta Ketua DPD Hidayatullah Pasangkayu, Gunawan, S.Pd.I. */Bashori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.